Peringatan HUT Koperasi ke - 71

2018-08-08 09:10:01

Pemerintah Kota Batu menggelar acara Peringatan HUT Koperasi Ke – 71 di Lapangan Parkir Wisata Selecta pada Kamis(26/7/2018). Acara dimulai dengan Apel pagi yang terdiri dari Gerakan Koperasi (KOPWAN, KPRI, KSP), Dekopinda, serta Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan. Apel sendiri dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso. Apel pagi untuk memperingati Hari Koperasi dihadiri oleh forkompinda beserta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Punjul Santoso membacakan pidato Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia dihadapan seluruh peserta. Punjul menjelaskan, sesuai dengan arahan Presiden maka koperasi harus direformasi secara total. Menindak lanjuti instruksi tersebut Kementerian Koperasi dan UKM melakukan 3 langkah strategis, yaitu reorientasi koperasi, rehabilitasi koperasi, dan pengembangan koperasi.

“Kita berharap agar terjadi sinergi positif antara upaya yang dilakukan oleh Gerakan Koperasi dan Pemerintah, sehingga koperasi menjadi kuat dan mampu meningkatkan perannya dalam mendorong pertumbuhan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan” tutup Wakil Walikota Batu dalam sambutannya.

Apel ditutup dengan penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba Galaksi tingkat Provinsi Jawa Timur. Lomba tersebut diadakan untuk menyemarakkan hari jadi Koperasi. Di ajang perlombaan yang bertajuk Gelar Kreasi Pemuda Koperasi(Galaksi) tersebut Kota Batu mengirimkan 10 siswa dari SMAN 2 Batu. Hasilnya, para perwakilan berhasil memenangkan 3 kategori lomba yang berbeda, yaitu Juara 3 untuk kategoi Bussiness Plan, Juara Harapan 2 untuk Kreasi Tenda Koperasi, dan Juara Harapan 2 Opera Van Galaksi.

Setelah apel pagi, dilakukan sarasehan yang dihadiri oleh seluruh peserta upacara beserta undangan. Dalam sarasehan tersebut, UKM menyampaikan apresiasi dan pandangan kira-kira bagaimana lanjutan UKM kedepannya. Selain itu dari Pemerintah Kota Batu melakukan diskusi dengan UKM-UKM tersebut sehingga didapatkan benang merah apa yang harus dilakukan kedepannya. Kemudian, acara peringatan HUT Koperasi ditutup dengan makan bersama tamu undangan beserta peserta upacara.

Dirgahayu Koperasi Indonesia !!!